Sukses Pimpin PN Denpasar, Sobandi Ditarik ke Pusat

 Sukses Pimpin PN Denpasar, Sobandi Ditarik ke Pusat

PROMOSI KE PUSAT-Ketua PN Denpasar Sobandi bergeser ke PN Jakarta Pusat.

DENPASAR,NETIZENINDONESIA-Roda mutasi level pimpinan Pengadilan Negeri Denpasar bergerak. Sobandi yang mengawali tugas sebagai Wakil  dan kemudian menjadi Ketua Pengadilan Negeri Denpasar mendapat promosi jabatan menjadi Wakil Ketua PN Jakarta Pusat. “Pengumuman mutasi sudah keluar dari MA, paling lama bulan Juni sidah sertijab,”ujar Sobandi,Sabtu (1/5).

Selama menjadi KPN Denpasar, Sobandi pernah menjadi ketua majelis hakim kasus hotel Kuta Paradiso, dengan terdakwa Hariyanto Karyadi. Sidang perkara dengan korban pengusaha Tomy Winata ini cukup menyita perhatian publik. Kedua belah pihak saling mengajak masa atau pendukung. Aparat keamanan pun menurunkan pasukan dalam jumlah besar. Pun demikian sidang tetap berjalan dengan kondusif hingga pembacaan putusan.

Sidang yang menyita perhatian publik selama kepemimpinan Sobandi adalah kasus ujaran kebencian dengan terdakwa musisi I Gde Ary Astina alias Jerinx. Sobandi selaku pimpinan PN Denpasar mengeluarkan putusan yang membuat aparat keamanan ketar ketir. Sidang yang awalnya online diiputuskan offline hingga putusan. Kendati pengunjung sidang dibatasi tapi pihak keluarga Jerinx bisa hadir di ruang sidang.

Disisi lain, Sobandi pula yang membuat terobosan pelayanan di pengadilan hingga di mal mal. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan pengadilan tidak harus ke pengadilan. “jadi mau minta keterangan yang berhubungan dengan pengadilan  sudah bisa dilakukan tanpa ke pengadilan,” ujar Sobandi.

Selain itu, PN Denpasar juga menerapkan pelayanan secara online. Permohonan penyitaan yang biasanya  memakan waktu beberapa hari bisa dipersingkat. Polisi atau jaksa tinggal mengajukan secara online surat penyitaan sudah keluar.

Sementara itu, Wakil Ketua PN Denpasar, Wayan Gede Rumega mendapatkan promosi sebagai Ketua PN Jember, Jatim. Mantan KPN Tabanan tersebut bertugas di Denpasar sekitar satu tahun menggantikan Sobandi yang naik menjadi Ketua PN Denpasar. (ais)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *