Sudiantara: Advokat KAI Jangan Lecehkan Profesi

 Sudiantara: Advokat KAI Jangan Lecehkan Profesi

JAGA PROFESI-Pengangkatan advokat muda KAI Bali di Pengadilan Tinggi Denpasar.

DENPASAR,NETIZENINDONESIA-Sebanyak 20 orang advokat muda Kongres Advokat Indonesia (KAI) Bali disumpah Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, Zaid Umar Bobsaid,SH,MH,Rabu (3/3). Advokat baru ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memerlukan bantuan hukum secara adil. “Hari ini ada 20 advokat KAI Bali yang diambil sumpah dan 16 orang dilantik,” kata Ketua DPD KAI Bali, Nyoman Gede Sudiantara.

Selain itu, para advokat KAI Bali diminta menjaga profesinya dan jangan melecehkan (mendegradasi) profesi advokat itu sendiri. Namun, advokat diharapkan tetap bertanggungjawab dengan sumpah profesinya, demi diri sendiri dan hukum itu sendiri. Pria yang akrab disapa Punglik ini mengucapkan terima kasih atas arahan Ketua PT Denpasar yang berharap para advokat KAI Bali benar-benar memahami aturan hukum beracara, selain hukum materiil.

Karena kalau ini sampai bablas, kata Punglik, akan sangat memalukan diri sendiri. “Jangan hanya melaporkan orang tapi tidak ngerti intervensi. Saksi tidak mau disumpah kok dilaporkan hakimnya. Ini kan mempermalukan diri sendiri,” sindir Punglik. Hal tersebut sambung Punglik jelas aturannya bahwa, kalau saksi ada hubungan kekerabatan atau sedarah (semenda) jelas tidak bisa. “Kok ini dilaporkan. Nah, hal ini diharapkan advokat KAI Bali agar tidak melakukan hal ceroboh,” tegasnya.

Punglik kembali mengingatkan agar advokat KAI Bali menjunjung tinggi harkat dan martabat profesi itu sendiri, agar terus belajar. Sementara  Sekertaris DPD KAI Bali Agus Samijaya menyampaikan  pengangkatan sumpah itu, sebagai momentum bagi advokat muda KAI Bali agar menumbuhkan profesionalisme dalam membantu masyarakat dibidang hukum.”Saya berharap apa yang menjadi wejangan Ketua PT Denpasar bisa ditanamkan dalam diri, sebagai pedoman dasar agar advokat KAI Bali bisa menjalankan profesinya sesuai UU yang berlaku,” ucap Agus. (ais)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *