Selamat, ABK KM Bandar Nelayan Dipulangkan

 Selamat, ABK KM Bandar Nelayan Dipulangkan

PULANG SELAMAT-Nelayan KM Bandar Nelayan sampai di Pelabuhan Benoa setelah kapalnya tenggelam dihantam badai.

DENPASAR, NETIZENINDONESIA-Sebanyak 20 anak buah kapal (ABK) KM Bandar Nelayan 188 yang mengalami kecelakaan saat menangkap ikan di perairan Samudera Hindia tepatnya sebelah barat laut Australia pada (13/5/2021) berhasil selamat dan kembali ke Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (21/5/2021). ” Alhamdulillah mereka selamat dan kembali ke tanah air,” tandas Direktur Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kementrian Luar Negeri, Judha Nugraha dalam acara pemulangan ABK itu.

Dikatakan, Kemenlu menerima informasi dari Basarnas mengenai kecelakaan KM Bandar Nelayan 188 pada (14/5).  Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan konsulat di Perth, Australia dan Konsulat ada di Osaka, Jepang untuk masing-masing berkoordinasi dengan otoritas negara setempat. “Atas bantuan dari Pemerintah Australia dan Jepang mereka mengeluarkan aset-aset untuk melakukan proses pencarian dan keselamatan,” ujarnya.

Dari total 20 ABK, satu orang atas nama Pak Darno sempat menjalani operasi di rumah sakit Australia, lalu kembali ke Indonesia melalui jalur udara pada Kamis (20/5/2021). Sedangkan 19 lainnya dipulangkan oleh Kapal Australia. Mereka dikarantina terlebih dahulu selama lima hari baru nantinya dikembalikan ke keluarga masing-masing. “Proses repatriasi ini adalah cerminan kerjasama yang baik antara Australia dan Indonesia dan bentuk perlindungan negara terhadap warga negara,” imbuhnya. (ais)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *