PT Kalah, Jaksa Kasus Jerinx Kasasi

 PT Kalah, Jaksa Kasus Jerinx Kasasi

TUNGGU MA-Nasib Jerinx akan ditentukan MA menyusul pernyataan kasasi jaksa paska kalah di tingkat banding.

DENPASAR,NETIZENINDONESIA-Tim jaksa penuntut umum (JPU) yang dikoordinatori Otong Hendra Rahayu, akhirnya menyatakan kasasi dalam perkara ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx, Kamis (28/1). Kasi Penkum dan Humas Kejati Bali, Luga A.Harlianto,mengatakan jaksa memilih kasasi lantaran putusan Pengadilan Tinggi Denpasar No 72/Pid.Sus/2020/PT DPS tanggal 14 Januari 2021, memutus terdakwa Jerinx dengan pidana penjara selama 10 bulan, denda 10 juta subsidair 1 bulan.

Putusan tersebut jauh dibawah tuntutan jaksa pada sidang tingkat pertama yakni hukuman 3 tahun penjara. “Pernyataan kasasi dilakukan jaksa melalui PNDenpasar. Adapun dasar mengajukan kasasi nantinya akan disampaikan ketika memori kasasi telah diajukan yaitu 14 hari sejak menyatakan kasasi,”kata Luga A. Harlianto.

Jerinx diadili atas postingannya di IG pribadinya yang menuliskan “IDI KacungWHO”. Postingan tersebut dinilai sebagai bentuk ujaran kebencian khususnya terhadap IDI yang tengah berjuang menangani Covid di Indonesia.  Di PN Denpasar, (19/11/2020) majelis hakim pimpinan IA Adnya Dewi memutuskan pentolan grub band SID itu terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas antar golongan sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama penuntut umum. Hakim sepakat menjatuhkan vonis 1 tahun 2 bulan (14 bulan).  

Atas putusan tersebut kordinator tim jaksa penuntut umum (JPU) Otong Hendra Rahayu mengajukan banding ke PT Denpasar. Perlawanan jaksa itu dibalas tim penasihat hukum Jerinx yang dikoordinatori Wayan Gendo Suardana. Pihak Jerinx turut mengajukan banding dengan berbagai dalil yang dimiliki. Hakim PT Denpasar yang diketuai Cok Rai Suamba memutuskan menerima banding Jerinx dan mengurangi hukuman dari putusan PN Denpasar. (ton)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *