Pasar Badung Jadi Percontohan SOP Pedulilindungi

 Pasar Badung Jadi Percontohan SOP Pedulilindungi

JADI PERCONTOHAN-Mendag M. Lutfi, Wagub Cok Ace, Walikota Jaya Negara mendatangi Pasar Badung dalam penerapan prokes pasar rakyat.

DENPASAR, NETIZENINDONESIA-Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi melaksanakan kunjungan kerja di Wilayah Kota Denpasar Sabtu (25/9/2021). Dua lokasi menjadi sasaran kunjungan kerja, yakni Pasar Badung Kota Denpasar dan Supermarket Tiara Dewata.

Turut mendampingi Mendag, Muhammad Lutfi, yakni Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardhana Sukawati bersama Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Artha dan Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Lutfi yang idampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra berkesempatan meninjau langsung operasional pasar dan supermarket dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 di Pasar Badung. Tak lupa, Mendag Muhammad Lutfi untuk berbelanja sekaligus mengecek tera ulang di Pasar Badung.

Muhammad Lutfi mengatakan, kunjungan kerja kali ini dikhususkan di Pasar Badung. Dimana, terdapat beberapa aspek yang  ditinjau, mulai dari vaksinasi untuk pedagang dan pengelola pasar, stabilitas harga dan daya beli masyarakat.  “Tadi sudah kita lihat, dari kesiapan ini kita akan mencoba menerapkan SOP Pedulilindungi di Pasar Badung bersama 14 pasar rakyat lainya di Indonesia guna mewujudkan kenyamanan penjual dan pembeli di masa pandemi, sehingga secara berkelanjutan kita bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal ini lantaran pandemi masih belum visa diprediksi kapan usai,” ujarnya.

Saat ini  pihaknya berusaha agar Bali ini segera dibuka untuk internasional. Sehingga diharapkan kunjungan kembali ramai dan kegiatan ekonomi dapat berjalan. Karenanya, penerapan SOP Pedulilindungi sangat penting di pasar rakyat. Berkenaan dengan stabilitas harga dan daya beli masyarkat, pihaknya menyebutkan bahwa harga di Pasar Badung cenderung stabil. Namun memang harus diakui bahwa daya beli masyarakat menurun.  “Harga-harga di Bali aman terkendali, saya ucapkan terimakasih, kita mau coba supaya lebih ramai lagi, sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

“Saya minta sama pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk menerapkan SOP Pedulilindungi, kita akan coba di Pasar Badung minggu depan supaya kita bisa sama-sama memastikan Bali ini dapat memutus penyebran pandemi walaupun kegiatan ekonomi akan kita buka dan jalankan,” imbuhnya.

Sementara Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyimpulkan kunjungan ini diartikan memiliki visi sama untuk memulihkan Bali. Jaya Negara menyambut baik keinginan Mendag untuk menerapkan SOP Pedulilindungi di Pasar Rakyat. Pihaknya pun siap untuk mengikuti arahan Mendag dalam mendukung penerapan SOP Pedulilindungi di Pasar Badung.

“Pasar Badung kami kira sudah layak, dan saya siap mengikuti arahan Mendag, sehingga dengan optimalisasi langkah preventif pencegahan diharapkan dapat mendukung percepatan pembukaan pariwisata Bali yang bermuara pada geliat perekonomian,” jelas Jaya Negara. (ais)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *