Gendo: Jerinx Mengkritik, Harusnya Bebas

 Gendo: Jerinx Mengkritik, Harusnya Bebas

BELUM PUAS-Gendo mengambil salinan putusan banding Jerinx di PN Denpasar Selasa (19/1).

DENPASAR,NETIZENINDONESIA-Majelis hakim tingkat banding perkara ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx memutuskan menolak banding tim jaksa penuntut umum. Sebaliknya hakim menerima banding Jerinx dengan memutuskan mengurangi putusan majelis hakim PN Denpasar. “Sudah diputus 10 bulan penjara, denda 10 juta subsidair 1 bulan, putusannya tanggal 14 Januari lalu,” ujar Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Sobandi dikonfirmasi Selasa (19/1).

Sebelumnya, majelis hakim PN Denpasar pimpinan IA Adnya Dewi memvonis Jerinx dengan hukuman 14 bulan, denda 10 juta subsidair 1 bulan. Sementara tim penuntut umum yang dikoordinatori, Otong Hendra Rahayu dengan hukuman 3 tahun penjara. Lantas apa tanggapan Jerinx? “Kami sudah terima salinan putusannya, sikap kami akan kita kordinasikan dengan Jerinx, apakah menerima atau kasasi,” ujar coordinator pembela Jerinx, Wayan Gendo Suardana dikonfirmasi terpisah.

Menurut Gendo, meskipun bandingnya turun, tetap saja belum memuaskan.  Gendo memberikan catatan penting atas putusan tersebut. Pertama, ia menyampaikan semestinya putusan PT Denpasar itu bebas. Karena kata mantan aktivis 98 ini, secara teori hukum Jerinx tidak terbukti melakukan ujaran kebencian sebagaimana diatur dalam pasal 28 ayat (2) Jo. Pasal 45A ayat (2) UU ITE. “Yang disampaikan Jerinx adalah kritik sosial untuk kepentingan publik bukan ujaran yang diniatkan mendiskriminasi IDI”, tegasnya.

Kedua, Gendo menyampaikan bahwa IDI tidak termasuk kualifikasi dalam kategori Suku, Agama, Ras dan Antargologan (SARA), sebagaimana yang dinyatakan dalam UU ITE. “IDI adalah lembaga publik”, sambungnya.

Dijelaskan Gendo, pernyataan Jerinx tidak mempertentangkan dua golongan atau lebih sehingga tidak memenuhi unsur antar golongan. “Kalaupun kita sepakat dengan putusan MK bahwa kelompok profesi in casu IDI sebagai golongan, kan tidak ada lembaga lain yang dipertentangkan oleh pernyataan Jerinx, lantas dimana terpenuhinya unsur antar golongan?,” imbuh Gendo penuh tanya. (ton)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *