Diduga Gelapkan 12 Miliar, Ketua LPD Ditahan

 Diduga Gelapkan 12 Miliar, Ketua LPD Ditahan

MASUK BUI-Sat Reskrim Polres Klungkung menahan Ketua LPD kasus dugaan penggelapan uang nasabah.

KLUNGKUNG,NETIZENINDONESIA-Hati-hati menabung di Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Salah-salah anda akan kesulitan menarik uang kembali. Seperti yang menimpa nasabah LPD Dawan Widang Klod,Klungkung, Bali ini. Dugaan sementara, uang nasabah lenyap digelapkan oleh Ketua LPD dengan nilai fukup fantastis, mencapai 12 miliar rupiah. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Ketua LPD Komang Wirianti ditahan Sat Reskrim Polres klungkung guna penyidikan lebih lanjut. “Selain menahan tersangka, penyidik juga melakukan penggeledahan di kantor LPD setempat,” kata Kasat Reskrim Polres Klungkung, AKP Ario Seno Wimoko, Kamis (27/5/2021).

Disampaikan pula oleh AKP Ario Seno Wimoko, dalam kasus ini,tersangka Wirianti disangka melanggar pasal 374 jo 65 KUHP, tentang penggelapan. “Saat ini baru satu tersangka, tidak menutup kemungkinan ada tersangka lainnya. Penyidik masih masih melakukan pengembangan, apakah dia menikmati dana itu sendiri atau ada orang lain ikut serta. Penyidik juga perlu mengetahui kemana saja larinya dana tersebut,”imbuh AKP Ario Seno Wimoko.

Adapun dari pemeriksaan awal, tersangka baru mengakui menikmati dana LPD sekitar 400 juta sedangkan kerugian diperkirakan mencapai 12 miliar. Karena itu, penyidik akan memeriksa sejumlah saksi, termasuk melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).  Sementara disinggung soal penggeledahan di LPD setempat, Ario menegaskan penyidik telah menyita sejumlah dokumen dan satu unit komputer, namun tidak menyita uang tunai.

Kasus ini terungkap dari laporan sejumlah nasabah LPD yang mengaku tidak bisa menarik uang tabungan. Ada pelapor mengaku menyimpan uangnya senilai 52 juta bahkan sampai 1 miliar, diantaranya koperasi. (ais)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *