Denpasar Miliki 378 Kesenian Tua, Klasik dan Sakral

 Denpasar Miliki 378 Kesenian Tua, Klasik dan Sakral

WARISAN SEJARAH-Disbud Denpasar menginventarisir kesenian tua, klasik dan sakral di tiap desa/keluraha.

DENPASAR,NETIZENINDONESIA-Program inventarisasi kesenian yang dilakukan Dinas Kebudayaan Kota Denpasar telah selesai. Ada 378 kesenian yang tergolong tua, klasik dan sakral turut terdaftar. Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Dwi Wahyuning Kristiansanti, Minggu (7/2) menjelaskan program inventarisasi kesenian akan dilanjutkan dengan validasi serta pendataan lanjutan. “Sekarang kita akan lakukan validasi serta pengecekan lanjutan siapa tahu ada kesenian yang luput dari pemantauan perbekel/lurah, sehingga bisa didaftarkan,” jelasnya.

Wahyuning Kristiansanti menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya menciptakan database untuk mendukung pelestarian, perlindungan, pengembangan, pemanfaatan serta pembinaan seni di Kota Denpasar. Adapun sebanyak empat cabang seni yang menjadi prioritas, mulai dari seni tari, seni karawitan, seni rupa dan seni teater.

Lebih lanjut dijelaskan pada prinsipnya sekaa, sanggar, banjar, pura, pemaksan dan komunitas seni bisa didaftarkan. Namun, dalam aktifitasnya wajib melaksanakan pembinaan kesenian tua atau bersifat khusus. “Sekaa, sanggar atau komunitas bisa masuk asalkan ada kesenian khusus, namun jika sanggar itu hanya melakukan pembelajaran tari dan tabuh secara umum tidak bisa masuk, sedangkan jika sanggar itu melakukan pelatihan atau pembinaan seni gambuh atau arja itu bisa, dan khusus sanggar kita sudah ada databasenya sendiri,” katanya.

Ditambahkan Kristiansanti, dari kegiatan ini dapat ditarik kesimpulan seberapa besar kesenian yang masih aktif, kurang aktif ataupun yang sangat urgent  dilakukan penyelamatan. “Jadi dengan inventarisasi kesenian ini data yang kita peroleh memang data valid sesuai yang ada di lapangan, sehingga dapat diputuskan apakah diperlukan pendampingan, pembinaan atau rekontruksi,” kata Wiwin.(ton)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *